Sunday, December 10, 2006

Donor Darah

Ini dia pengalaman pertama gue ikut donor darah...

Kira2 seminggu yang lalu, di kantor diadakan aksi donor darah (yang kelihatannya cukup sering dan rutin). Berhubung hari itu gue makan.. ehm...AGAK kebanyakan... jadi cukup berminat juga sama kegiatan yang satu ini.. (yah itung2 amal skaligus buang bbrp gram berat badan.. lumayan kan??!).

Waktu itu jumlah darah yang diambil kira2 250cc... well... emang cukup banyak... (kira2 250gr.. alias 1/4kg!!)

Jadi... siapa takut!!

Ruang makan yang dijadikan ajang tempat pengambilan darah itu mendadak menjadi klinik mendadak.. dengan meja2 yang digeser ke pinggir, dan di seberangnya berjejer 4 tempat tidur. Dan terlihat 3 orang perawat sedang sibuk menanamkan jarum2 raksasa di lengan sang donor... (untung gue gak ada trauma sama yang namanya jarum)..

Setelah mengisi formulir, ditest golongan darah dan tekanan darahnya, serta menunggu cukup lama...(dan ditakut2in orang sekitar) akhirnya gue dipanggil juga..
Awalnya memang agak2 serem juga.. apalagi melihat ukuran jarum yang... memang raksasa... tapi ternyata memang tidak semenakutkan itu kok (mengingat gue membuang 1/4kg berat badan..!! ha..ha..!!)

Tapi...
ternyata setelah mendonor, sang donor DISARANKAN (mgkn lbh tepatnya diharuskan) untuk makan dan minum supaya tubuh bisa segera beregenerasi kembali. Dan waktu itu menunya indomie kuah, milo, n susu kacang!
Astaga... minus 1/4kg, tapi nambahnya bisa sekilo.. (hix, moga2 gak separah itu juga)

jadi... percuma jg deh....

Tapi....
sekarang ini, gue tiba2 berpikir...

"Darah yang gue sumbang waktu itu, mungkin sekarang sudah membantu orang yang ampir mati, dan sedang mengalir di dalam badan orang lain.............!!"


............................



hmmmm.....
kok jd agak2 dramatis gini ya?

1 comment:

vy said...

heheh... kalo menurut gw seh, loe cuma berusaha menghibur diri ajah... bahwa gak sia2 loe donor darah, walaupun tujuan awal loe gak tercapai... kekekeke...

gw seh gak bakal berani. diambil darah buat test aja suka serem...