Saturday, May 17, 2008

Plexiglas

Kemarin gue baru aja menghadiri sebuah presentasi menarik dari sebuah perusahaan kimia terkenal bernama Evonik (Degussa) tentang Plexiglas.




Apa itu Plexiglas?

Plexiglas, alias Acrylic glass atau Polymethyl metacrylate atau PMMA, ditemukan dan dikembangkan oleh seorang ilmuan kimia bernama Otto Röhm pada tahun 1928. Plexiglas sering sekali digunakan sebagai pengganti kaca karena sifat-sifatnya yang.. :

# transparan
# dapat diwarnai dengan baik, dan warnanya tidak gampang pudar
# dapat dibentuk sesuka hati
# tidak gampang pecah, dan serpihannya juga tidak membahayakan seperti kaca
# sangat stabil pada perubahan cuaca yang drastis

Bahkan banyak orang yang bilang Plexiglas itu seperti kayu berwujud kaca. Soalnya plexiglas dapat dengan mudah dibor, dipotong dengan gergaji, dipaku, dilem, dst... dan hal-hal tersebut tidak akan mungkin bisa dilakukan pada kaca biasa.

Oleh karena keuntungan-keuntungan tersebut, Plexiglas banyak sekali digunakan dan ternyata sudah banyak sekali kita temui (secara tidak sadar) di kehidupan sehari-hari kita. Dari kaca mobil, helikopter sampai pesawat terbang. Dipakai juga pada lampu sen mobil karena warna merah dan kuningnya tidak akan pudar selama beberapa dekade. Plexiglas juga terdapat pada aquarium raksasa seperti di Sea World, perisai para polisi anti huru hara, tabung2 kimia, furniture, kaca2 jendela, alat musik, karya seni, dan masih banyak lagi....


No comments: