Wednesday, June 03, 2009

Being an amateur plumber

Gue pengen cerita sedikit tentang kejadian 2 minggu yang lalu...

Abis berendem, bathtub gue mampet total, airnya gak turun2 sampe keesokan harinya. Untung punya gayung (bawa dari indo), jadi airnya bisa dibuang pake gayung ke wc. Ody jg lagi cabut ke Amrik, jadi gak ada laki2 yg bisa diandelin buat disuruh2 benerin sesuatu. Hari itu jg tanggal merah dan besoknya juga sudah akhir minggu, jadi gak bisa panggil tukang sampai hari Senin tiba.

Eniwei... dengan mengandalkan zat kimia yg terlihat menjanjikan, gue berharap masalahnya bisa terselesaikan. Dan ternyata setelah menghabiskan satu botol granulat dan menunggu satu setengah hari, saluran pipanya masih mampet juga.

Beberapa hari itu cuaca panas terik, sehingga gak memungkinkan gue buat gak mandi juga... akhirnya setelah mandi, airnya (lagi2) gue buang ke kloset. Karena malas melakukan hal yang sama sampai hari Senin, akhirnya Google pun turun tangan.

Thanks to Google, gue menemukan beberapa forum yang membahas tentang macetnya pipa2 saluran yang sering terjadi di kamar mandi. Kadang waktu baca forum harus agak hati2, soalnya istilahnya agak mixed sama kasus susah buang air besar (pencernaan mampet?).

Eniwei, menurut orang2, sebenarnya kita harus menghindari zat2 kimia... karena bukannya membantu malah bikin makin mampet dan dapat merusak pipa saluran. Herannya kenapa para produsen masih berani2nya memproduksi dan menjual? (jawabannya mungkin supaya mereka bisa dapet duit dari pembeli yang desperate seperti gue).

Air mendidih merupakan salah satu solusi terbaik... katanya.... dan setelah gue coba, ternyata masih gak membantu juga... tapi memang lumayan membantu mengangkat kotoran2 yang menggumpal di dalam pipa...

Menurut forum yang lain, harus pake air mendidih PLUS plunger (gak tau bahasa indonya apa, tapi itu loh... senjatanya si mario bross... tongkat yang ujungnya ada buletan merah dari karet yang bisa bunyi "cepok-cepok")...

dan.... berhasil!
tips manjur banget ternyata!

Berkat plunger, gue gak harus bayar biaya tukang (yang mungkin bisa sampai ratusan euro)....

well.....
Sedia payung sebelum hujan
dan sedia plunger sebelum mampet... :p

No comments: