Saturday, October 01, 2005

Pingsan, Ketiduran, dan Dibius?

Cerita 1


Settingnya di suatu sekolah pada hari Senin yang cerah dan matahari bersinar begitu indahnya. Para murid berbaris rapi dengan posisi memberi hormat kepada Sang Saka Merah Putih.

„Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku... Di sanalah aku berdiri..........“

GUBRAK

Dan lagu pun sesaat melambat, bahkan sebagian murid sempat terdiam dan panik ketika melihat ada seorang murid perempuan terkapar tak berdaya.

Dan petugas P3K pun turun tangan.


Cerita 2

Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Nick Carteeerrrr!!!! Liat sini dong....

Aaaarrggghhh dia barusan senyum ama gueeee!!! Ghyaaaaaahhhh.......

GUBRAK lagi...



Kalo cerita pertama sih udah sering gue liat dengan mata kepala sendiri. Dan gue maklum lah.. mungkin sang korban memang lagi gak fit, gak kuat menahan sinar ultraviolet yang begitu napsu menghantam bumi, ato emang pinter2nya dia aja buat cari alesan cabut dari upacara yang membosankan.

Nah kalo cerita ke-dua? Gue belom pernah liat langsung sih.. dan kadang gue juga gak abis pikir kalo orang bisa ampe pingsan kalo terlalu histeris sama sesuatu. Mungkin jantungnya emang gak kuat ngeliat orang yang selama ini ada di foto2 dan poster2, tau2 ada di depan mata. Kayak ngeliat hantu kali ye... ^^ Tapi gue jadi ngerasa prihatin sama mereka2, karena justru gara2 pingsan, mereka jadi melewatkan semua kesempatan buat melihat, megang2 (hmm megang apaan tuh??), ato minta tanda tangan sang hantu.. eh.. sang idola secara langsung.

Seumur idup gue gak pernah pingsan. Dan sebenernya sih jadi rada penasaran juga, kayak apa sih rasanya? Waktu gue tanyain temen gue yang pingsan pas upacara itu, dia bilang sih tiba2 aja dia udah ada di dunia mimpi. Sama aja kayak orang yg ketiduran kali ye. Cuman aja dia gak berasa apa2 lagi walaupun badannya terjatuh dan kepalanya terbentur lantai lapangan yang terbuat dari batu. Tau2 pas bangun udah benjol aja.

Pernah waktu kelas 3 SMA, sebelum ulangan kimia yang semalem sebelumnya udah gue pelajari mati2an, tiba2 badan gue sakit banget. Biasa... penyakit gue tiap bulan yang gak bisa gue hindari. Waktu gue jalan ke ruang BP (yang merangkap sebagai ruang UKS juga), penglihatan gue udah burem dan kepala gue sakit banget.. kira2 seperti waktu gue demam sampe 40°C pas tifus dulu. Cuman karna terlalu gengsi buat pingsan (walau sebenernya penasaran juga), gue berhasil sampai dengan selamat di tempat tidurnya ruang BP dan terlelap menahan sakit. Jadi bisa dibilang gue waktu itu menyia2kan kesempatan buat merasakan si pingsan ini... huhuhu.... gak tau mesti seneng ato sedih...

Menurut perkiraan gue, pingsan ama ketiduran itu gak ada bedanya juga sih sebenernya. Karna dua2nya terjadi ketika sang korban mulai kehilangan kesadarannya. Biasanya sih gara2 gak kuat menahan godaan untuk tidur, ato memang gak kuat menahan beban dan sakit yang diderita tubuh. Pokoknya sejak gue menganggap pingsan dan ketiduran adalah hal yang identik, gue gak gitu penasaran lagi buat berpingsan2 ria. Kalo pengen ngerasain tinggal pegang buku biologi, trus tau2 gue udah berada di hari berikutnya.

Lalu bedanya pingsan ama dibius? Hmm mungkin mirip2 juga kali ya. Bedanya pingsan itu gak sengaja, dibius itu udah direncanain sebelumnya, misalnya oleh sang dokter dengan jarum suntiknya, ato oleh sang penculik dengan sapu tangan yang udah dikasih chloroform sebelumnya (memang film2 dan novel2 meningkatkan daya imajinasi orang menjadi begitu tinggi. Apalagi film thriller ato horror yang serem2 deh pokoknya). Untungnya yang gue pernah rasain itu biusan sang dokter, bukan sang penculik.


Bertahun2 yang lalu di ruang operasi (ceritanya waktu operasi usus buntu).....

Ok... Sekarang itung ampe sepuluh ya...

Emangnya kenapa Dok? sekarang lagi mao dibius ya? Mmmh.... satu.... dua..... mmmh... sepuluh...... grookkk groookkk.....


Wah jadi kangen deh saat2 itu kalo insomia lagi gue kumat dan blom bisa bobo juga walau udah ngitung sampe sejuta (pake kalkulator kayak Mr Bean). Tapi kalo inget pas bangun dari obat biusnya, aduh rasanya ogah deh ngerasain lagi. Satu badan rasanya lumpuh total. Gue cuman bisa ngebuka kelopak mata doang. Mao ngomong ato ngegerakin jari kelingking aja gak bisa. Tulang2 gue semuanya mengeluh kesakitan. Serasa kena encok dan rematik dadakan yang akut. Yah begitulah rasanya abis dibius total. Tapi mendingan dibius total sih daripada bius lokal doang. Gue mungkin bisa pingsan beneran ngeliat perut gue dibelek dan isi perut gue kemana2...

hiiiyyyy..... (°~°) ...


Oh ya, satu2nya hal yang kusesali.... kata Oom gue yang waktu itu bolak balik nemenin gue pas operasi itu, sebenernya usus gue bisa aja dipotong lebih panjang lagi? Iiih kok serem amat... eitss.. tunggu dulu... ternyata maksud oom gue kalo usus seseorang pendek, maka orang itu gak gampang gemuk!!!! Soalnya kan emang usus itu menyerap sari2 makanan dalam tubuh...

Ah masa? Yang bener??? Tapi sayangnya oom gue waktu itu lupa bilangin dokternya dan nasi udah jadi bubur ayam pake telor dan cakwe.....

Emang nasib gue udah digariskan untuk menjadi manusia bulat.

4 comments:

vy said...

hmm... menurut tebakan gw seh...
sebenernya cerita intinya yg 3 paragraf terakhir ya riel? pingsan, tidur dan dibius-nya cuma intro doang khan? ayo ngaku! heheheh...

manusia emang aneh yah, bukannya bersyukur krn badannya cukup fit sehingga gak pernah pingsan, eh malah penasaran... ^^
tapi kalo manusia gak pernah penasaran, gak bakal bisa berkembang yah...

vy said...

yeh, gak perlu malu lah, kau ini... =P

gw juga suka gitu koq... hehehehe

biasanya seh gw dah nulis artikel tapi suka bingung mo kasi judul apa. eh, kemarin ini malah gw dapet judulnya duluan, tapi gak tau mo nulis apa buat isinya... hehehhe.... error bener...

Anonymous said...

errornya kok baru nyadar sekarang?
telat berapa puluh tahun loe? =b

playingdrama said...

eriel, i linked your blog to mine...