Friday, September 12, 2008

The Art of Packing

Seperti yang udah gue tulis di posting yang lalu, akhir bulan ini gue mao pindah ke apartemen baru di Frankfurt. Dan sejak beberapa hari ini udah mulai sibuk ngepak barang yang seabrek2. Astaga... memang susah sih kalo pindah dari apartemen yang gede ke yang lebih kecil. Otomatis banyak banget barang yang gak bisa kebawa dan akhirnya harus dipilih2 untuk disumbang, dijual, bahkan dibuang.

Ngepak barang memang kedengarannya mudah. Tinggal ambil kardus, lalu masukin barang2nya. Tapi pada kenyataannya tidak segampang itu. Intinya, packing itu seperti puzzle berbentuk 3 dimensi; dimana kita harus berhasil memuat barang sebanyak mungkin di dalam sebuah kardus. Kadang, itu pun masih belum cukup. Kita juga harus memperhitungkan supaya kardus tersebut tidak terlalu berat dan masih bisa diangkat tanpa harus khawatis kardusnya sewaktu2 bisa jebol.

Kadang, barang yang terlihat kecil2 dan tak ada artinya, setelah dipak bisa menjadi berkardus2. Contoh gampangnya buku gue yang muat dalam 14 kardus! Padahal kelihatannya gak banyak, dan gue lebih jarang beli buku daripada beli baju :P

Packing juga menjadi masalah utama gue setiap kali mao terbang (biasanya sih dari Indonesia ke Jerman). Karena segala sesuatu harus muat dalam satu koper gede dan satu hand-carry. Kenapa cuman satu koper? karena koper besar rata2 beratnya sudah mencapai 4-5 kg sendiri. Sedangkan biasanya kita cuman boleh membawa 30-35 kg (bahkan ada yang cuman boleh 20 kg). Hand-carry pun belakangan ini juga udah dibatasi beratnya.. kalo gak salah cuman boleh 8 kg.

Kalau kita gak hati2 soal berat bawaan kita, bisa2 di bandar udara kita malah panik harus bongkar-isi koper sebelum check in. Gue juga pernah nganter temen yang akhirnya gak jadi terbang gara2 kopernya kelebihan 5 kg dan membawa terlalu banyak hand-carry. Males banget kan?

*sigh*

eniwei...
only 2 weeks to go....!!

4 comments:

vy said...

14 kardus? segede apa neh kardusnya, riel?

wah, frankfurt rame dong yah... mei, feliks, elbert, sekarang tambah kalian...

rielz said...

gak mungkin segede kardus TV 29 inch kali :D
emang kardusnya agak kecil.. kira2 3/4nya kardus buat Umzug biasa... tapi trotzdem.. buku gitu loh... buku2 arsitek dan interior gue jg gede2 n tebel2... (maklum isinya gambar doang) blom lagi ordner2,komik n novel gue... hehehe... untung skrg banyak komik yg bisa dibaca online, kalo ngga bisa2 harus punya perpustakaan (komik) sendiri
eh iya.. frankfurt jadi rame (buaget).. jejes-anot jg lg dibujuk2.. huehehuhee..

vy said...

kalian pindahannya gmn tuh? 14 kardus isi buku pasti setengah mampus tuh beratnya. baru buku doang, blon yang laen2nya... huaaaa... mending nyewa umzugsservice gitu kali yeh?

jejes+anot? truz melissa+franky juga dong? wahahahaha... ntar jadinya anak2 KA pindah ke FRA semua. :D

rielz said...

kita waktu itu jg pengen pake umzugservice... dan MUAHAL buanget... 2000 euro buat semuanya... (mendingan buat beli tiket pulang indo buat 2 orang)..
dan itu gak dibayarin kantornya ody maupun arbeitsamt (emang nasib jadi ausländer)
jadi.. kita nyewa transporter gitu.. plus kuli2 cabutan :P