Friday, September 19, 2008

Penyakitan...

Waktu kecil, gue bener2 jarang sakit. Apalagi kalo dibandingin sama kakak gue yang sering bolak-balik ke dokter. Sampe2 gue dijulukin "Traktor" karena itu.

Tapi... seiring berjalannya waktu, semua berubah. Makan keripik sedikit langsung kena radang tenggorokan, tiap bulan selalu sakit gara2 haid (bisa sampe seharian terkapar di ranjang), gampang ketularan flu atau radang paru2, kena usus buntu, 3 kali kena tipes (dalam selang waktu tiap 2 tahun), 1 kali kena demam berdarah, dan... Blasen Entzündung!!!!!! (Penyakit yang satu ini, sayangnya gue gak tau bahasa indonya apa. Setelah iseng2 cari di internet, ternyata istilah medinya Cystitis. )

Lucunya, dulu gue sempet berteori bahwa gue akan selalu kena tipes setiap dua tahun. Soalnya memang itulah yang terjadi waktu itu. Apalagi ketika mendengar bahwa nyokap gue kena tipes pas gue masih di dalam perutnya (jadi... gak heran kan kalo penyakit itu tetap ada di darah gue dan tiap dua tahun bangun dari tidur panjang....). Tapi setelah gue berangkat ke Jerman, teori ngasal gue terbukti salah. Entah karena itu merupakan penyakit tropis atau karena makanan di sini terlalu bersih (makanya makanan sini gak seenak di indo... biasanya, makin jorok makin enak kan? :P)...

Tapi, sejak di Jerman, gue jadi punya penyakit baru yang setiap tahun selalu menghampiri (biasanya pada musim peralihan dari panas ke dingin seperti sekarang2 ini). BlasenEntzündung mungkin gak separah tipes ato demam berdarah yang membuat panas tinggi sampe 41 derajat atau bisa menyebabkan kematian kalo gak cepet2 ditangani. Namanya juga penyakit... tetep aja membuat tersiksa.... Dan gue rasa hampir semua perempuan di Jerman pernah mengalami ini.

Gejalanya: beser alias bolak balik buang air kecil, urine yang berwarna pekat, rasa sakit ketika buang air kecil, dan adanya darah di urine...
Penyebab utamanya: kurang minum (yang sama dengan kurang buang air kecil), hubungan intim, dan kedinginan.

Apa boleh buat... gue memang selalu suka lupa minum dan suka salah kostum di hari2 begini... Sedihnya, kalo udah kena sekali, bakal terus2an kena... Jadi, teori baru gue... "selama gue tinggal di negara yang ada musim dingin, tiap tahun gue bakal kena Blasen Entzündung"

*sigh* kok jadi nyumpahin diri sendiri ya?

No comments: