Friday, August 05, 2005

Kenapa yah?


Gue masih inget banget waktu kecil kalo diajak ke resto seafood, makanan favorit gue pasti udang. Gue masih inget banget waktu itu porsi udang buat Sang Kakak (yang ampe detik ini kagak doyan udang), gue yang makan ^^ . Bonyok gue slalu ngomelin Sang Kakak karna milih2 makanan, dan memuji Sang Adik karna bisa makan apa saja (ehmm... kecuali sayur).

Tapi entah sejak kapan... gue gak bisa makan udang lagi...

Gue bener2 gak inget apa yang bikin gue gak suka udang lagi. Bahkan moment di mana gue yang dari suka menjadi tidak suka.. gue udah gak tau lagi. Yang pasti waktu gue umur 6 tahun pergi liburan ke Bali n diajak makan udang segede bagong, gue masih inget gimana gue menolak abis2an waktu disuruh makan.


Bonyok gue bingung...

Gue juga bingung...

Sang Kakak sih pasti seneng2 aja soalnya ada temennya...


Yang ada gue dituduh nyokap kalo gue cuman ikut2an kk. Kenapa yang jelek2 diikutin, tapi yang bagus2 gak diikutin?


Hmm, ‘yang bagus2’ di sini tuh maksudnya soal makan sayur. Bisa dibilang gue waktu itu sama sekali gak bisa makan sayur (sementara Sang Kakak justru doyan). Apalagi yang warnanya ijo. Kayaknya sayur satu2nya yang bisa gue makan waktu kecil itu cuman wortel.


Tapi mao dituduh gimanapun juga, tetep aja tidak menjawab pertanyaan. Kenapa dan sejak kapan gue gak bisa lagi makan udang?


Akhirnya gue cuman bisa menduga2.


Mungkin gue sempet makan udang kebanyakan sampe2 gue eneg dan tubuh ini gak kuat lagi mengkonsumsi udang? Tapi gue gak pernah inget ada kejadian kayak begitu.


Jangan2 gue memang ketularan Sang Kakak? Tapi gue gak pernah denger kalo selera makan orang bisa menular ke orang laen...


Atau... gue gak mao makan udang sejak meliat udang waktu masih idup dan ngerasa kasihan ato jijik? Hmm bisa jadi sih, tapi gue tetep bisa makan ayam, sapi, babi, ikan, kepiting, dll waktu ngeliat mereka masih idup tuh...


Jadi sampe detik ini gue juga gak ketemu jawabannya.


Seiiring berjalannya waktu, gue jadi mulai bisa makan makanan yg dulu gue gak bisa makan. Contoh gampangnya: sayur. Dulu kalo dibeliin gado2, gue cuman bisa makan kerupuknya dicocol ama saosnya. Kayaknya sejak SMA, gue justru jadi doyan banget makan gado2. Dan Sang Nyokap cuman bisa menganggap kalo gue sebenernya dulu gak doyan karna gak mau mencoba. Hmm mungkin bener juga sih, soalnya gue tipe orang yang kalo ke restoran udah suka sama satu menu, gue gak akan mao coba menu yg laen.


Tapi gue rasa sih alesan gue jadi doyan sayur tuh karna lidah gue makin lama bisa menerima sayur. Bukannya semua anak kecil ngerasain kalo sayur itu pahit dan gak enak? (bener gak? Ato cuman gue aja nih?). Gue rasa sih gara2 lidah anak kecil emang gak bisa ngerasain kalo sayur itu enak. Mungkin sama aja kayak anak kecil yang gak bisa pake pasta gigi orang gede, karna terasa terlalu pedas dan gak enak di mulut. Tapi.. denger2 sih nyokap gue dulu jg gak doyan sayur. Apa jangan2 selera makan orang tua bisa nurun ke anak juga?


Tapi tetep aja itu semua gak menjawab pertanyaan: Kenapa gue jadi gak doyan udang lagi?


Sampe suatu waktu, nyokap gue beliin gue siomay yang sebenernya isinya udang. Tapi dia gak mao ngaku kalo isinya memang udang. Gue yg udah curiga *soalnya warnanya merah n baunya bau udang*, cuman bisa pasrah n percaya2 aja *melihat tampang galak nyokap*. Tapi ternyata gue bisa makan loh. Bahkan jadi doyan banget. Tipsnya : gue menganggap kalo itu bukan udang. Dan sejak saat itu gue mulai sedikit2 bisa makan udang lagi selama dia gak berbentuk udang. Nah makin bingung kan? Jadi kalo pengen ngasih gue makan udang, udangnya harus diancurin dulu sehalus2nya... baru deh gue mao makan ^^


Lucunya lagi, ternyata gak cuman gue yg mengalami kejadian kayak gitu. Gue pernah ketemu beberapa orang yang dulunya suka makan sesuatu, tapi sejak kapan jadi gak suka lagi. Hanya saja, kebanyakan dari mereka tau alasannya. Ada yang gak doyan sapi lagi gara2 ngeliat sapi disembelih. Ada yang gak doyan babi merah lagi gara2 sempet makan yang nggak enak punya.


Sekarang dugaan gue tentang kasus gue sih (ini masih dugaan sementara loh)...


Karna selera makan gue berubah dari waktu ke waktu


Logis gak? Hmm.. anggep aja logis ^^



4 comments:

vy said...

logis koq riel, selera kita khan selalu berubah. dari warna, gaya baju, film, musik, buku, cowok, dll. jadi yah, knp selera makan nggak? pasti berubah juga dong...

hmm...
trik loe perlu dicoba nggak yah? makan tomat seger yang udah gak keliatan kayak tomat lagi... @_@

vy said...

jus tomat??? *hueeeeeekkkk*
ngebayangin baunya aja udah serem, riel... hehehhee... saos tomat seh gw gak masalah... apalagi saos tomat-nya pasta... ^__________^

oversighter said...

waduh gak doyan udang lagi toh, aku dek sini mah mimpi-mimpi makan udang sepuas-puasnya hehehehe... udang mahal sih

Anonymous said...

dari umur 0 - 19 gue ga perna makan udang...trus akhirnya suatu hari diperkenalkan udang secara tidak sengaja...(berhubung waktu itu tmen gue bday n ikan kue gue ud abissss...kan ga enak kl mo pesen lage...sial!)...udangnya gede bgt ud kaya anak lobster...trus enak abis...gue makan lah 4 ekor...dan ternyata hari itu juga saya baru tahu kalau saya alergi udang...akhirnya tetep ga makan udang deh
dan 1 lagi...sampai detik ini gue masih ga makan sayur & buah =PpPp
well i guess some things just wont change