Friday, August 12, 2005

Kondangan


Dari dulu gue udah gak tergolong anak party. Salah satu buktinya, gue paling males kalo diajak pergi ke pesta pernikahaan. Kenapa? Karna party itu ribet, melelahkan, dan membosankan. Waktu masih esde, gue pengen banget jadi pengapit, yang didandanin jadi cantik, dipakein baju bagus, dan ngelempar manik2 ato kertas mengkilat di depan pasangan yang hari itu berbahagia. Tapi impian itu justru rusak ketika terkabul. Ternyata jadi pengapit sangatlah tidak enak. Gue harus ke salon pagi2 buta, 5-6 jam sebelum acaranya di mulai (yang biasanya diawali dengan pemberkatan di Gereja). Rambut gue ditarik2 entah kemana, dijepit sana sini, di-hairspray sampe keras dan kaku. Lalu gue dimake-up dan membuat gue seharian ngerasa bentar2 harus ngeliat ke kaca karna takut make-upnya luntur karna keringat atau karna kebiasaan gue ngucek2 mata. Orang2 bilang kalo make-up lo jadi cantik, jadi gue ambil kesimpulan: cuman orang jelek aja yg dandan supaya terlihat cantik ^^ (salah satu sanggahan kalo ada temen gue yang suruh gue mulai dandan)


Jadi intinya, itu salah satu sebabnya kenapa gue hari ini ogah ber-make-up-ria.


Mimpi buruk jadi pengapit gak cuman sampe di situ. Selaen disiksa di salon, gue harus mengalami siksaan berikutnya : yaitu di Gereja. Dengan baju ribet dan make-up tebel gak jelas itu, gue harus mati2an menahan panas dan lembab di dalam gereja yang gak ada AC-nya. Belom lagi abis misa, mereka tandatangan surat sipil segala. Tapi untunglah abis itu istirahat makan siang. Dan gue boleh ganti baju dan menghapus make-up sampe sore. Partynya sendiri waktu malem gak gitu menyiksa, tapi cukup melelahkan. Makanya gue sejak saat itu gak mao lagi jadi pengapit, tapi yang ada gue malah jadi penerima tamu yang gak kalah gak enaknya.. huhuhu..


Kalo diliat2, pesta pernikahaan yang gue hadiri selalu gitu2 aja. Di ballroom hotel berbintang, dengan tamu beratus-ratus orang, makanan buffet yang bikin orang harus ngantri2 dan makan sambil berdiri, dan sang pengantin harus obral senyum sepanjang waktu dan menyalami para tamu (yang beratus-ratus orang). Males banget gak sih? Gue aja yang jadi tamu udah males ngeliatnya. Gimana mereka yang harus mempersiapkan itu semua? Selain melelahkan dan membosankan, mereka juga keluar duit yang gak sedikit. Berjuta2, berpuluh2juta, ato mungkin beratus2 juta. Gue gak berani ngebayanginnya. Sewa ruangan, ngasih makan buat ratusan orang, dekorasi, kue, baju, salon, make-up, bunga, kartu undangan, dll, dsb, etc, usw. Pernikahan itu memang mahal harganya.


Pesta pernikahan yang pernah gue hadiri yang paling berkesan adalah pestanya Christian-Tina.. (yang baru2 ini kita masakin nasi kuning buat ngerayain kelahiran anak laki2 mereka, Fabio).


Tepat setahun yang lalu, gue dan Ody sibuk siap2 ini itu buat pernikahan mereka. Kita diundang sebagai tamu, sekaligus dimintai tolong buat jadi Sie. Dokumentasinya, alias tukang foto dan ngerekam semua eventnya dengan handicam yang kita pinjem dari OK. Terlebih lagi partynya gak cuman digeber sehari, jadi kita harus nginep tapi disamping itu kita gak bakal kecapean kayak orang gila.

Pertama2, pas hari Kamis-12 Agt 2004, kita dateng ke Standesamt (Catatan Sipil). Jalannya acara gak beda2 amat kayak di indo kok. Tina hari ini gak pake gaun pernikahan, cuman longdress n blazer warna putih, pokoknya simple bgt deh. Pengantin ditanya kesediaannya menjadi suami istri, tuker cincin, lalu tanda tangan surat nikah. Abis itu minum2 di luar, dan nge-lunch bareng (catet: yang dateng gak nyampe 20 orang, jadi lebih kayak nge-lunch bareng keluarga besar aja).

Abis itu siap2 berangkat ke desa-nya Christian, gue lupa namanya yang pasti Christian dan Tina dulu lahir n gede di desa deket Fulda. Ini membuat gue berpikir, bahwa pesta pernikahan yang gue hadiri ini, adalah pestanya orang desa di Jerman, alias agak banyak tradisi ini itu nya. Mungkin kalo mereka orang kota, partynya mungkin gak akan kayak gini. Tapi tradisi mereka ribetnya gak nyampe seperseribunya orang indo kalo pesta nikah di kampung.


Waktu nyampe di tempat parkir, ternyata mobil mereka udah dihias sama keluarga mereka. Pokoknya kejutan banget deh. Pita2 di kaca spion, sama kaleng2 diiket di belakang mobil, serta tulisan „Just Married“ di kaca belakang. Lalu kita convoy gitu beberapa mobil trus bunyiin klakson kenceng2. Ternyata kalo di sini klakson mobil cuman berbunyi kalo: 1.) mobil di depan keterluan banget, atau.. 2.) ada yang nikah.

Malam itu disebut Polter Abend. Gue gak tau tradisi ini cuman ada di Jerman doang ato ngga, yang pasti Polter Abend ini pengantin n tamu2nya dibikin party, disco n mabok. Jadi awalnya sang pengantin (dan orang tua pengantin), nongkrong di depan buat menyambut para tamu. Biasanya tamu yang dateng bawa bermacam2 barang pecah belah buat dipecahin di tempat khusus di depan pintu masuk. Katanya, semakin banyak yang dipecahin, semakin banyak membawa keberuntungan buat pasangan yang berbahagia hari itu. Lalu mereka salam2an ama pengantin, dan prost minum sekt bareng. Karna tamu yang dateng gak sedikit, maka sang pengantin harus pinter2 nyiapin Saft ato aer jus, biar gak mabok duluan sebelum acaranya dimulai. Setelah tamu2 banyak berdatangan, Sang pengantin ngasih kata2 sambutan, dan acara makan2 n minum2 dimulai. Dan itu berlanjut terus sampe pagi. Gue yang emang dari dulu bukan anak party, cukup hebat bisa bertahan di situ sampe jem stgh 2 pagi. Itu juga karna gue mesti keliling buat foto2 dan si Ody kudu nyorot pake handicam. Tapi setelah itu gue gak kuat karna dingin bgt n gue cuman pake lengan buntung dan rok doang.

Walaupun hari itu ujan deras, n partynya di tenda, mereka tetep bisa lanjut party sampe jem 4 pagi. Oh ya, yang bikin Polter Abend ini berkesan, sang Pengantin banyak bgt dikasih kejutan ama keluarga n temen2 deketnya. Entah kado yang aneh2, misalnya satu bak isi pasir n coin 1 sen-an senilai 100euro (alias 10000 coin).


Lalu hari itu mereka juga dikerjain abis2an. Sepulang dari party, mobil mereka dililitin tissue wc, trus pulang2 kamar mereka penuh balon2 (sampe udah kayak lautan balon). Trus waktu mereka mao tidur, tiap setengah jem sekali ada wecket bunyi di berbagai tempat di dalam lautan balon2 itu. Blom lagi kasur mereka dikasih pasir2 biar mereka bobo-nya gak enak. Tapi gue salut banget ama kekreatifan keluarga n temen deket mereka. Pokoknya mereka membuat hari pernikahaan sang Pengantin seberkesan mungkin.

Keesokan harinya, kita balik ke Fulda buat istirahat total setelah dikuras habis2an pas Polter Abend.


Hari Sabtu, kita dijemput lagi, kali ini menuju desa-nya Tina yang letaknya gak jauh2 amat dari desanya Christian. Mereka hari ini mao diberkati di Gereja mungil di situ. Tina hari itu pake gaun pengantinnya dan terlihat sangat cantik. Kira2 apa yang terjadi di dalam gereja itu, gak jauh beda ama yg sudah sering kita lihat, entah di film2, ato yg kita alami sendiri. Tapi sekali lagi, kedua pasangan itu diberi kejutan ketika mereka berjalan keluar menuju tempat resepsi pernikahan. Di depan gereja sudah ada kereta kuda menunggu. Untung hari itu cuaca cukup cerah, jadi semuanya bisa berjalan dengan lancar.



Sesampai di Mühlen Stube (restoran tempat diadakannya resepsi pernikahan mereka), sekali lagi para pengantin nongkrong di halaman restoran dan menyambut para tamu, yang memberi selamat serta membawa hadiah berupa materi, ataupun puisi dan bunga. Lalu para tamu dipersilahkan menyantap kue2 dan cemilan2 kecil dan sementara itu ada yg ngebagiin kartu2 yang diiket ke balon2 berbentuk hati. Para tamu diminta untuk menuliskan Wünsche atau harapan2 mereka untuk sang Pengantin. Dan setelah itu, semuanya prost rame2, dan melepaskan balon2 hati itu beserta kertunya ke angkasa.. (buat gue ini adalah moment yang paling keren).


Resepsinya pun berlangsung dengan hangat. Sang Pengantin dan para tamu awalnya dipersilahkan menyantap makan malam (menunya gue lupa, yg pasti makanan Jerman). Makannya juga di meja yang udah dihias dan diberi nama2 (udah dibikin sedimikan rupa siapa duduk dimana dan ama siapa ^^). Gak berapa setelah makan, orang tua dan keluarga2 dekat mereka mengucapkan selamat (yang rata2 berupa pidato ato puisi yang cukup membuat sang Pengantin terharu), dan ada beberapa yang memberikan game yang aneh2 (dan peserta game tersebuat haruslah sang Pengantin, dengan kata lain, sang Pengantin dikerjain lagi....). Lalu ada pesta dansanya juga, potong kue, dan polonaise. Acaranya mungkin simple banget, tapi semuanya berlangsung hangat dan menyenangkan. Beda banget ama kondangan yang biasanya gue datangi, yang penuh sesak ama orang2 tak dikenal dan amat sangat membosankan.


Siapa sih yang gak pengen pernikahaannya berkesan? Dan ehrlich gesagt, gue pengen bgt ntar kalo gue nikah begitu *angan2 sih ya :D tapi liat aja deh.. masih lama kali ye...*. Tapi pas dipikir2 lagi, apa mungkin bisa? Pertama, pasti semua keluarga harus diundang. Nyokap gue 9 bersaudara, dan bokap gue 6 bersaudara. Jadi itu aja udah 15 keluarga. Belum lagi spupu2 gue udah pada nikah dan punya anak. Belum lagi keluarga2 jauh yang gue udah gak tau lagi siapa (misalnya spupu2 bokap nyokap atau anaknya sodaranya nenek gue punya kakak... huh bingung kan.. ). Blom lagi sahabat2, temen sekolah, rekan kerja, temen bisnis, dll dsb. Dan belom keluarga dan teman dari pihak suami. Mungkin pesta yang gue harapkan kecil2an dan kalo bisa gak lebih dari 50 orang, bisa jadi beratus2 orang. Kalo diundang keramean n bontot2nya pesta gue jadi dihadirin orang yg gue gak kenal lagi, tapi kalo gak diundang juga bikin malu keluarga lah ato gak tau sopan santun ato dibilang gak punya sikap kekeluargaan.


Ribet yah? Tapi mao gimana lagi? Yah liat aja deh suatu saat nanti nasib gue bakal gimana... Masih untung ada yang mao ngelamar gue ^^ *ngelirik penuh harap ke si mas*..



2 comments:

Anonymous said...

Hi, entry pertama yg kocak dan menarik, dan sinismus (terjemahan yg benar?) yg lucu terhadap pesta pernikahan di Indo. Please keep writing! :)

Anonymous said...

yang pernak-pernik gak selamanya ribet neng