Saturday, August 06, 2005

Learn to Cook

Dear Diary... eh... Blogger....

Berhubung hari Selasa ntar mao mampir ke rumah Chris-Tina (temen kita yang baru aja punya anak), si Ody jadi bingung mao masakin mereka apaan. Dia sih mao bikin cemilan gitu, n ide pertamanya tuh bikinin dadar gulung. Cuman percobaan pertama gagal total n ternyata gue juga gak doyan ^^ *masalahnya gue gak gitu suka makan kelapa banyak2*. Trus gue ngusulin bikin pastel ato risol, tapi Ody ngotot pengen bikinin dadar gulung. Akhirnya, entah gimana, dia malah jadi pengen bikinin perkedel aja (lha?). Yang ada gue jadi pengen makan nasi kuning ato nasi uduk pake perkedel n tempe kering... hmmmmmmmmmmm.....

Jadi hari ini, setelah ngeliat2 resep di internet, kita pergi belanja buat bikin itu semua *ceritanya buat uji coba buat hari Selasa*. Tadinya, gara2 bikin nasi kuning ato nasi uduk rada ribet, pengennya makan perkedel n tempe keringnya pake nasi biasa aja, tapi si Ody jadi pengen bgt bikin nasi kuning gara2 nemu kunyit di Asia Laden. Dan emang dasar anaknya perfectionis (bener gak nulisnya?), dia gak mao bikin nasi kuningnya pake rice cooker seperti biasa (mengingat pengalaman dulu2), tapi mao pake dandang! Alhasil kita jadi keliling kota buat nyari toko yang jual itu. Sempet nemu beberapa yang bermerk, tapi harganya selangit. Sedih gak sih pas ngeliat dandang yang kecil mungil seharga 80-100€ ? Trus kita coba liat di beberapa toko asia... dan akhirnya ketemu.. murah lagi.. Tapi tokonya udah tutup, jadi kita terpaksa pasang muka tebel n ngebel yg punya (kebetulan udah kenal deket n tinggalnya di atas tokonya). Untung dilayani... ^^

Dandang yang kita beli dari dia lumayan gede lah. Awalnya gue sempet gak yakin soalnya lobangnya gede2 banget (seinget gue dandang di rumah gue dulu lobangnya gak segede itu deh). Tapi saking dah kepengennya, dibeli juga. Dan ternyata bisa juga tuh masak nasi di situ.

Selama sekitar dua jam, kita dengan tekun memasak (melihat semua resep indo ato asia yg selalu butuh banyak waktu buat di dapur, gue mulai mengambil kesimpulan bahwa hobby rata2 orang indo ato asia adalah memasak!). Awalnya motong2 ini itu, dan entah kenapa ini selalu jadi tugas gue. Tangan gue ampe sekarang masih kuning2 gara2 motong2 kunyit.. huhuhu.. Trus Ody masak nasi kuningnya, n gue masak tempe keringnya. Dasar gue emang gak bakat masak, gue sempet 2 kali salah ngertiin resepnya. Misalnya 50 ml aer sempet gue kira stgh liter, alias 500 ml !!! Pantesan kok jadi berkuah ^^. Yang ada tempe kering gue bontot2nya jadi kayak tempe bacem. Aih aih... Jadi kena marah deh.. „Jangan terpaku ama resep dong!“, katanya. Tapi bukannya semua orang yang belajar masak harus liat resep? ... Nah Lo....

Di lain pihak, Ody (yang emang punya bakat masak yg lebih gede daripada gue) tersenyum penuh kemenangan waktu ngeliat nasi kuningnya jadi. Kayaknya mulai besok2, kalo mao masak nasi mao di dandang aja n rice cooker kita bakal pensiun. Setelah itu kita masak perkedelnya (tujuan awal malah dibuat paling akhir). Gue gak nyangka kalo Ody emang jago bikin perkedel. Padahal gue udah cariin resepnya. Apakah suatu saat peran ibu/bapak rumah tangga dipegang olehnya??? *jadi malu saya ^^*


Ah Diary... eh Blogger.... hari ini gue makan banyak lagi deh ^^. Program diƤt gue bener2 gak sukses2...........


No comments: