Tuesday, August 29, 2006

Detective Conan

Gue masih inget pertama kali membaca komik ini.. Waktu itu gue masih kelas 1 SMP (so... 10 tahun yang lalu??!!) dan teman satu bis jemputan merekomendasiin komik ini... akhirnya gue pun jadi ketagihan (dan lanjut merekomendasikannya ke orang lain)..

Gue rasa, kebanyakan orang (yang hobby baca komik jepang) juga suka sama komik yang satu ini...

Ceritanya (seperti yang kebanyakan orang sudah tau, tapi gue tulis lagi buat yang belum tahu), tentang detektif yang masih SMU bernama Shinichi Kudou yang terkenal banyak membantu polisi dalam memecahkan kasus. Suatu hari Shinichi sedang jalan-jalan ke Tropical Land bersama teman masa kecilnya (sekaligus gebetan) bernama Ran Mouri. Di sana tanpa sengaja dia menyaksikan pria berjubah hitam sedang melakukan suatu transaksi illegal. Namun salah satu dari mereka memukul Shinichi dari belakang dan memberinya obat aneh hasil eksperiman. Gara2 itu, tubuhnya mengecil jadi seperti anak umur 6 tahun.

Karena takut ketahuan oleh sang penjahat bahwa dia belum mati, maka dia "numpang" di rumah Ran sebagai Conan Edogawa serta merahasiakan identitasnya. Ayahnya Ran, Kogoro Mouri, ternyata juga seorang detektif yang malas dan kerjaannya hanya mabuk dan nonton TV. Berkat Conan (dan alat2 buatan tetangganya, Prof. Agasa), Kogoro menjadi detektif terkenal.


Kira2 begitulah intinya...



Akankan Shinichi berhasil membuat tubuhnya menjadi normal kembali?
Siapakah para pria berjubah hitam itu?
Apakah Ran akan tahu identitas Conan=Shinichi?

Apakah Shinichi berhasil menyatakan cintanya ke Ran?



Begitulah pertanyaan yang dilontarkan para pembaca 10 tahun ini...


Dan tepat di "ulangtahun"nya yang ke-10, movie ke-10nya berjudul juga keluar..





Requiem of The Detectives




Berikut ini adalah wawancara dengan sang pengarang, Gosho Aoyama...


Q: Versi animasi "Detective Conan" sudah merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Melihat kembali 10 tahun ini, Apa yang Anda rasakan?

G: Walaupun itu waktu yang sangat lama, buat saya... itu terasa cepat sekali...

Q: Apakah ada perubahan dari dulu sampai sekarang?

G: Conan menjadi tambah tinggi.. *tertawa* .. Pada awalnya, saya menggambar dia dalam ukuran setinggi 3 kali ukuran kepalanya.. Sekarang saya pelan2 menggambarnya setinggi 4 kali ukuran kepala, karena anak kecil jaman sekarang pada kenyataannya lebih tinggi..

Q: Apa adegan favorit Anda di anime?

G: "Kasus Moonlight Sonata" (volume 7 di manga). Karena di manga tidak ada suaranya, jadi terasa lebih bagus di anime yang ada musiknya. Kasus lain yang saya suka adalah kasus bomnya Sato.. (volume 36-37 di manga)

Q: Apa yang Anda rasakan ketika mereka memutuskan membuat anime?

G: Conan didasari oleh analisa yang logis, jadi saya rasa ini memang lebih bagus kalau dibuat versi filmnya. Sebagai anime, apabila tidak ada adegan action, apabila tidak membuat orang-orang senang, anime ini tidak akan digemari. Saat itu saya merasa apabila Conan dibuat anime-nya, saya tetap merasa ini tidak akan digemari orang-orang.. jadi saya kira ini anime ini akan cepat berlalu *tertawa*..

Q: Apakah anda menduga bahwa anime ini akan berlangsung selama 10 tahun?

G: Tidak pernah... saya sendiri pun terkejut...

Q: Apakah hal yang penting yang harus dicatat ketika menggambar Conan? (film anime biasanya tidak digambar oleh pengarang aslinya lagi -red-)

G: Sewaktu dibuat menjadi anime, Saya berkata kepada mereka supaya menggambar Conan seperti Kogorou, orang yang terlihat seakan-akan bisa melihat sebuah kasus secara keseluruhan...

Q: Apakah hal yang tersulit ketika menggambar Conan?

G: Mayat, kalau digambar terlalu seram, terlalu jelek, atau terlalu kasar.... nanti tidak terlihat menari.. Amatlah susah untuk menemukan keseimbangan di sini... tapi harus tetap cocok untuk ditonton anak-anak, karena anak-anak jaman sekarang memang sangat pintar. Sebenarnya, saya justru banyak menggambar yang lebih cocok dilihat oleh orang dewasa...

Q: Apakah Anda pernah merasa khawatir akan kemungkinan bahwa anime bakal lebih populer daripada karya aslinya?

G: Saya tidak pernah merasa khawatir akan hal itu.. semua jalur ceritanya saya serahkan kepada para staff pembuat anime..

Q: Apa komentar Anda tentang cerita animenya?

G: Conan di manga hanya mengatakan hal-hal yang saya tahu, hal-hal yang saya sudah saya selidiki, dan hal-hal yang sudah saya baca atau dengar.. Kalau di anime ada banyak hal yang berbeda.. Saya tidak tahu apa-apa tentang jalan ceritanya. Jadi kadang saya sering berkomentar "Wow, kamu pintar sekali", atau "Wow, kamu bahkan tahu hal-hal seperti itu"...

Q: Apakah Anda sempat terpikir untuk menggambar anime dan manga sekaligus?

G: Tentu saja... tentu saja.... Apalagi ketika saya menggambar adegan action seperti jurus-jurus karatenya Ran.. karena apabila dilihat di anime, ini terlihat sangat menarik. Sama juga pada adegan tendangan Conan. Hal seperti ini tidak bisa digambar di manga..

Q: Apa hal yang membuat Conan begitu dicintai para fans dalam waktu yang selama ini?

G: Yah... terus terang, saya juga tidak begitu tahu.. Saya rasa karena semua orang suka melihat film atau drama detektif. Ditambah lagi dengan cerita tentang orang yang badannya mengecil serta tidak bisa menyatakan cintanya...

Q: Apa arti Conan buat Anda?

G: Hari-hari yang menyakitkan sekaligus yang menyenangkan. Saya sangan senang ketika menggambar Conan, tapi pada waktu yang sama... ini sangat melelahkan... *tertawa*

Q: Apa yang membuat paling melelahkan 10 tahun ini?

G: Karena terlalu banyak dialog... Ini memakan waktu yang sangat lama untuk membuatnya. Apabila ada orang yang merasa dialognya terlalu panjang, itu karena saya menulisnya sepanjang itu *tertawa*.. Ini memang pekerjaan yang sangat melelahkan..

Q: Dibandingkan dengan karya Anda yang lain, apakah waktu untuk membuatnya sama?

G: Sangat berbeda.. Ketika saya menggambar Yaiba, apabila saya beruntung, saya bisa selesai dalam waktu 4-5 hari. Conan membutuhkan paling sedikit satu minggu atau lewat sedikit. Untuk majalah manga mingguan, saya sudah membunuh banyak sel-sel di otak saya...

Q: Berapa tahun lagi yang Anda targetkan untuk tetap menggambar Conan?

G: Karena saya sudah 10 tahun menggambar ini, saya belum berpikir lagi ke masa depan.. Walaupun saya sudah memikirkan endingnya, karena saya tidak bisa memberikan petunjuk apabila saya tidak tahu endingnya..

G: Movie yang ke 10 akan masuk premiere April ini.. Apa ada hal yang berbeda dengan Movie yang ke 9?

G: Bisa dibilang berbeda... karena bakal ada lebih banyak detektif kali ini (Apakah Anda melihat posternya yang penuh dengan detektif?).. Yah, walaupun orang ini pernah keluar sebelumnya, kali ini dia akan keluar pada waktu yang sama. Ada juga aksi antara Kaitou Kid dan musuh terbesarnya, Hakuba. Jadi.. Heiji, Conan, dan Hakuba.. Aksi 3 Detektif SMU bersamaan.

Q: Ceritanya di movie ini?

G: Dengan waktu yang terbatas, apakah kasusnya bisa terpecahkan? Apakah pelakunya bisa tertangkap? Pelakunya akan mempunya banyak sekali sandera... Selanjutnya saya tidak bisa mengatakannya *tertawa*

Q: Terakhir.... Apakah Anda punya sesuatu yang ingin Anda katakan ke penonton?

G: Kali ini adalah Movie yang ke 10, jadi semua detektif yang sudah pernah muncul 10 tahun ini harus ada. Pokoknya kali ini adalah 10 Tahun Spesial...






p.s:

Di tahun ini pun, j-drama nya juga akan ditayangkan di televisi musim gugur ini... (di jepang tentunya)... dibintangi oleh Oguri Shun sebagai Shinichi Kudou dan Kurokawa Tomoka sebagai Ran Mouri



3 comments:

- F - said...

wah riel...gue penggemar komik jepang tp gue ga suka conan uhuhuh abis tiap kali gue baca gue tebak2...salah mulu!! ga ada bakat detektif =P

Anonymous said...

Cher, temen 1 jemputan??sapa ya??
emang loe waktu 1 SMP ikutan jemputan ya?hmmmmm.....
gw baca conannya ngegantung gini...bis ga ada elo seh yang bisa gw pinjemin komiknya...huehehehe...

ricky.gunawan said...

cheryl,,,hiiiii,,ricky ni,,masih inget tak? gila ya uda lama banget,,gw nemu blog lu lewat blognya Tya Owen..

gw juga mau komen ah post yg satu ini (tapi uda telaaaat banget ya), ini satu2nya eh salah deng, dua2nya komik yang masih gw ikutin, selain legenda naga. samurai x uda tamat sih komiknya. kalo kata temen gw, conan ini ga mungkin abis ceritanya. tapi terserah lah mau tamat atau ga, pokoke conan tetep oke koq..hehehe..

cheers mate!