Friday, August 11, 2006

ngaret

salah satu sifat jelek orang indo (gak semua sih.. tapi sebagian besar ^^)...
apalagi kalo bukan NGARET???

paling uring2an deh kalo bikin janji... entar bilang jem 5.. tau2 baru dateng jem 9...
kalo ditelponin bilangnya ini udah mao jalan... padahal baru jalan beneran beberapa jem kemudian...

oh well...

emang udah kebiasaan turun temurun... jadi mao gak mao harus makan ati ampe kenyang... (walau gue sendiri pun jg kadang2 begitu kok....)

karena udah begitu seringnya makan ati gara2 orang ngaret, jadi suka gak sabaran dalam hal menunggu...
jadi daripada menunggu, mendingan ditunggu... itulah prinsip gue dulu...

tapi bukan berarti gue datengnya selalu telat.. buktinya gue gak pernah sekalipun telat masuk skolah...
gue pun masih tau diri juga lah... gak akan bikin orang nunggu berjam2.. paling ada toleransi 15 menit... kalau ngga, setidaknya kabarin dulu kalau memang terpaksa datang telat...


Sebelum ke jerman.. hampir semua orang udah mewanti2 gue soal tepat waktu...
orang jerman tuh selalu tepat waktu!!
begitulah kata mereka...


awal2nya pun terasa demikian.. guru2 studkol selalu keras terhadap anak2 yang dateng telat..
gue pun merasakan rasanya ditinggal bus karena telat semenit...
yah begitulah kira2 pengalaman gue di Karlsruhe dulu..
setidaknya sewaktu gue masih "lugu" dan belum menyadari kenyataan yang sebenarnya...


setelah sekian tahun di sini... ternyata mereka tidak setegas itu dalam hal tepat waktu..

di FH misalnya... prof-nya bilang mao ketemuan buat projekt jam 14.00... dan dia baru nongol sejam kemudian... *yah gak semua prof seh... tapi setidaknya ini pernah terjadi*

yang lebih lucu lagi.. ada satu ujian yang udah ditetapkan tanggal sekian, tau2 di hari H-nya prof-nya datang dan lupa kalo hari itu dia mao buat ujian... *mati gak sih?* jadi ujiannya diundur (alias ngaret) satu minggu...

yah itu kira2 contoh extrim yang terjadi di sekolah gue *yang katanya bagus, tapi kalo hal administrasi,kurikulum dan jadwal2 selalu berantakan setengah mati*


Tapi yang paling bikin gue geleng2 kepala adalah Deutsche Bahn...






bisa dibilang, terhadap yang satu itu gue ngerasain yang namanya "benci tapi butuh"...

berhubung tinggal di Fulda dan sekolah di Darmstadt, gue menjadi amat sangat cukup merasakan penderitaan terhadap service dan hasil kerjanya...
point yang paling bikin gue stress tuh di saat gue mesti ganti kereta di Frankfurt Süd dan mesti ngejar S-Bahn ke Darmstadt.... waktunya sih sebenernya ada 5 menit (yang tertera di jadwal)... tapi sayang sekali saudara2... keretanya sering telat 5-10 menit!!! cukup membuat gue deg2an, lari turun-naek tangga, pindah gleis, dan berdoa dalam hati supaya S-Bahnnya telat dikit jg...

Dan sekali lagi.. sayangnya S-Bahnnya justru tepat waktu di saat gue mengharapkan dia datang telat... dan sering telat di saat gue mengharapkan dia tepat waktu...

memang ironis sekali hidup ini... *sigh*..

Hmm.. gue rasa itu juga salah satu alasan gue kenapa gue cinta berat sama libur...

libur -> gak usah ke kampus -> gak usah naek kereta -> gak usah stress karena kereta sialan gak tau diri yang suka ngaret itu....
*tambahan dari list gue di posting yang lalu*


alasan keterlambatannya?

alasan yang sering gue denger:
1. ada kereta ICE (Inter City Express) yang telat..
2. nunggu kereta sambungan yang datang telat...
3. rel keretanya kenapa2 gara2 kepanasan, salju, blablabla...
4. stasiunnya lagi direnovasi...
5. ada kerusakan mesin...
6. ada masalah dengan sang penumpang.. *misalnya ada penumpang yang sakit jantung dan harus segera dibawa ke rumah sakit*

yang paling sering terdengar adalah alasan nomer 1... well buat gue yang cuman bisa modal naek Regional Bahn..., cukup bisa membuat gue pengen pengen taro bom di semua ICE yang ada.... karena mereka bisa2nya gak tau diri telat melulu, dan menelantarkan SEMUA kereta lainnya..

sering juga gak dibilang kalau keretanya terlambat... tau2 nyampenya ternyata melenceng dari jadwal yang seharusnya...

Gak jarang juga ada kejadian, dimana gue lagi menunggu kereta di Frankfurt Hbf, dan terlihatlah di monitor gede bahwa SEMUA kereta telat...
dari yang cuman 5 menit sampai 120 menit....!!!


Dan kemaren ada cerita tambahan lagi... (yang membuat gue makin punya alasan untuk menjelek2an ketepatan waktu Deutsche Bahn)..


Ceritanya gue n Anton pengen nemenin Natalie ambil barang2nya di Soest... (kota antah berantah di daerah NRW sana)

Jadwal keretanya mestinya begini...

Fulda 10.18 - Kassel Hbf 11.49
Kassel Hbf 11.58 - Warburg 12.35
Warburg 12.39 - Soest 13.55


Dan sayang sekali saudara2.... kereta yang dari Fulda ke Kassel nya telat 15 menit!!! jadi kita ketinggalan kereta berikutnya...

ok... sabar... mungkin ada jadwal kereta alternatif lainnya... walaupun punya perasaan jelek karena kemarennya di internet jadwal kereta Fulda-Soest cuman ada 2 jam sekali..

Tapi sayangnya... kenyataan memang selalu pahit....

akhirnya kita ambil kereta dari Kassel ke Warburg yang jem 13.01 (yah nunggu sejam deh) dan sampai di Warburg jam 13.51.. dan nunggu lagi 40 menitan buat dapet kereta yang berangkat jam 14.39..

Alhasil.. yah sama saja... telat 2 jam dari jadwal yang semestinya... mestinya nyampe jam 13.55 malah jadi jam 15.55....


Mao marah2 sama siapa sekarang???

palingan cuman bisa marah2 di sini, di sana atau di sono doang...

mao nuntut n marah2 di Schalter juga gak bisa... karena kita TIDAK NAIK ICE... jadi kesannya mereka cuman mao melayani orang yang naek kereta luxus dan membayar mahal doang.. tapi mungkin mereka sendiri juga gak bisa berbuat apa2.... ck..ck..ck....


Memang benci... tapi butuh....


seandainya gue bisa berak duit... gue pasti lebih memilih kemana2 naek mobil.... atau pesawat kali ya???


Seandainya gue bisa berak duit................
yang euro tapi........





yah yang US$ juga gak papa lah....

2 comments:

vy said...

hehehe... parahan mana sama kejadian yg gw alami ke mainz kemarin itu yah? ^^

tapi riel, loe pernah coba liat mitfahrergelegenheit gak? kali aja ada orang yg kerja atau kul di DA en tinggal di fulda? jadi tiap hari bolak-balik naek mobil, truz cari orang buat bagi2 biaya bensin? jatuhnya pasti lebih murah, en lebih tepat waktu harusnya. kecuali kalo ketemu macet kali yeh.

soal DB,
ICE tuh khan sering banget telat yah? padahal khan tiketnya mahal banget tuh. apa gak lebih gondok lagi yah penumpang2nya? udah bayar mahal2, eh, ngaret meluluan...

vy said...

btw, jadinya kapan neh loe ama ody jalan2 ke sini?