Monday, June 25, 2007

The Curious Incident of The Dog in the Night Time

-Mark Haddon-







Gue memang menyukai segala sesuatu yang berbau "detektif", "kasus", atau "misteri", tapi tentu saja gue juga menyukai segala sesuatu yang "gak biasa" seperti halnya buku ini. Buku ini bukanlah cerita "detektif" biasa, karena sang tokoh utama (alias detektif) yang sekaligus menjadi narator di dalam buku ini adalah seorang anak berumur 15 tahun yang mempunyai Asperger's Syndrom (autis) bernama Christopher Boone.

Christopher Boone sangatlah pandai di bidang matematika, mempunyai photographic memory, dan mempunyai daya pengamatan yang tinggi. Ia tinggal berdua bersama ayahnya, dan ibunya sudah 2 tahun meninggal. Seperti anak2 lainnya, ia pun mempunyai cita2; yaitu menjadi astronot. Namun di samping itu semua, ia mengalami kesulitan bila ia berhadapan dengan manusia normal yang mempunyai cara berpikir yang berbeda. Selain kesulitan untuk membaca ekspresi orang, ia juga sulit mengerti perasaan dan keadaan orang2 di sekitarnya.

Lalu....
Ia juga tidak suka orang asing maupun berada di tempat yang asing,
Ia tidak suka apabila sofa, meja, atau apapun di rumahnya bergeser 1 cm sekalipun,
Ia tidak menyukai warna kuning dan cokelat (dan tidak bisa makan makanan yang mempunyai kedua warna itu),
Ia tidak bisa memakan 2 jenis makanan yang bersentuhan,
Ia tidak suka disentuh orang lain, bahkan oleh orang yang ia kenal dekat sekalipun,
Ia tidak bisa mengerti majas metafora,
Ia tidak bisa berbohong dan juga tidak suka dibohongi,
Ia percaya apabila melihat 4 mobil kuning secara berturut2, ia akan sial di hari itu,
Ia selalu berharap bisa hidup sendirian di bumi ini tanpa harus bertemu orang lain...

Dan pada suatu hari, Christopher menemukan anjing tetangganya mati dibunuh dan bertekad untuk mengungkap siapa pelakunya. Namun siapa yang menyangka bahwa kejadian kecil ini justru membawanya ke sebuah perjalanan menuju kenyataan hidup yang pahit.


Hmmm... membaca buku ini seperti membaca buku harian seorang autis yang berpikir lurus, logis, simple dan segala sesuatu selalu hitam di atas putih. Cukup membuat para pembaca dapat melihat suatu sudut pandang yang lain daripada yang lain. Menurut gue pribadi, semua itu sangat menarik karena ada begitu banyak hal yang kita anggap biasa atau sepele, tapi di mata seorang Christopher justru sangat menarik atau membingungkan.


Benar2 seperti melihat dunia dari kacamata yang sangat berbeda....

No comments: