Monday, July 10, 2006

Vandalismus


Posting kali ini isinya ungkapan kekesalan gue terhadap orang2 bego di luar sana....

Jadi kalo ada yang takut n gampang merasa tersinggung, mendingan jangan baca....





apa itu Vandalismus??


Vandalismus adalah tindakan merusak barang atau sesuatu yang bukan milik diri sendiri (milik orang lain atau milik umum) secara sengaja dan demi kepentingan pribadi atau golongan saja.. Tindakan yang ini termasuk tindakan yang illegal dan melanggar hukum. (fuh.. rasanya susah banget yah bikin kalimat pake Bahasa Indonesia yang baik dan benar??!!)



Kenapa tindakan ini melanggar hukum??


Ya iya laah... siapa seh yang mao barangnya dirusak sama orang yg gak bertanggung jawab?

SENGAJA pula....


Hari ini waktu baru nyampe Darmstadt hbf, gue cukup terkaget2 melihat kaca2 di toko buku dan haltestellenya yang pada pecah.. mending satu atau dua biji, tapi ini bener2 hampir semua kaca pada pecah...

Padahal haltestelle di depan hbf umurnya blom nyampe setahun.. eeh udah rusak lagi.... kadang gue ngeliat itu jadi sedih n marah sendiri... (gimana perasaan orang yg cape2 ngebikin n ngeluarin duit ye?)



Untung gue di sini cuman sebagai mahasiswa asing, kalaupun kerja gak akan kena pajak.. gimana tuh perasaan orang yg udah kerja cape2, pajak ditarik sekian puluh persen buat negara bangun ini itu, eh malah dirusak seenaknya oleh orang yang BEGO dan GAK PUNYA OTAK..



Ok, gue gak bahas lah ya kasus vandalismus di Indonesia... karna udah saking parahnya.. dan saking bobroknya mental sebagian besar orang di sana... gue juga udah muak mendengar kerusuhan, tawuran, dan aksi bakar2an yang terjadi di indo... rasanya jadi pengen panggil iblis dari neraka supaya ngebakar pelakunya... *loh?? kok gue jadi mikir yang sadis2 gini sih?*

Jangankan indo... di negara yang udah mapan kayak di sini, dimana gak ada anak yang putus sekolah, persentase buta huruf yang bisa dibilang 0%, dimana kemiskinan hampir tidak ada, dimana semuanya teratur dan serba tertib..... kok masih terjadi juga tindakan2 Vandalismus kayak gini?

Well..... memang gak separah di indo sih, tapi tetep aja kejadian....

Mao gimanapun juga..., di negara teraman n ter-teratur di dunia pun tindakan yang melanggar aturan tak mungkin bisa dihindari ya?

Lagian, ada yg kayak gitu, bisa2 pekerjaan sebagai polisi jadi tinggal sejarah aja.. dan dunia memang gak akan bisa seperfect itu...




So... back to thema...


Katanya tindakan Vandalismus ini bisa dibedakan menjadi 3...



Merusak sebagai pelampiasan rasa marah

Contoh gampangnya yah ada orang yang merasa kesal karna tim sepak bolanya kalah, dan dengan seenaknya mecahin kaca mobil orang...

Gue tao lo kesel... tapi rusak barang ndiri aje kek... masa barang orang lo rusak... egois bener...


Merusak sebagai karya seni....

Misalnya graffiti2 di tembok2 rumah orang atau di kolong jembatan...

Seni sih seni.... tapi jangan ngerusak napa???

Ok, kadang gue suka terpana melihat hasil karya orang2 berbakat yang jago banget bikin graffiti yang bagus2... tapi gambar di tembok ndiri napa??? Apalagi pemerintah belakangan ini juga banyak kasih tempat dan kesempatan buat ber-graffiti-ria....


Merusak karna sang perusak mengalami gangguan jiwa...

Kalo yang ini gak usah dikasih contoh lah ya... pake imajinasi masing2 saja...


Dan gue pengen nambahin satu jenis lagi....


Merusak karna ISENG....

Biasanya terjadi pada anak2 abege... gue pun pernah melakukannya... misalnya nyoret2 meja atau tembok di kelas dulu, entah nulis contekan, nulis nama, nulis nama gebetan, sampe nulis puisi.... Cuman waktu itu gue nulis2 di meja karna memang mejanya udah banyak coretannya, karna kepepet butuh contekan, dan karna gue tau tiap tahun meja2 bakal diamplas dan menjadi “baru” kembali.... jadi mejanya gak akan rusak permanen....


tapi tetep aja sih... kalo gue pikir2 sekarang, jadi nyesel juga.. kok dulu gue begitu.... (hmmm... berarti DULU gue bego dong... hihihi)...


Cuman ada beberapa keisengan orang laen yang gue gak gitu bisa terima...


Misalnya di tempat2 bersejarah atau tempat2 penting, di tembok2nya banyak tulisan “Bedjo was here”, atau “Inem love Toto”.... atau hal2 gak penting laennya...

Mungkin di pikiran mereka, mereka cuman pengen bikin suatu “kenangan”, biar suatu saat pas balik bisa liat tulisan itu lagi.... tapi buat apaaa?? Tak cukup kah kemera, foto, dan video diciptakan??


kadang, ngerusaknya tuh bener2 bikin jadi gak bisa dibenerin lagi....

bener2 deh....




Kadang kesel banget loh ngeliat S-bahn ato Strassenbahn yang baru2... yang umurnya paling hanya beberapa bulan, tapi udah abis dirusak....

Entah digambar2 graffiti, kacanya dipecahin, tempat duduknya disobek2 atau dicoret2 pake spidol, dan yang paling parah tuh banyak bgt yang nulis2 di kaca pake benda tajam, alias digores... (jadi, kalo mao ngebersiin gak bisa pake thinner doang, tapi harus satu kaca diganti)...


Kalo gue yang punya Deutsche Bahn bakalan udah kena darah tinggi n stroke kali ye... dah mahal2 bikin kereta, malah dirusak....sakit atiii sakit atiii....



Deutsche Bahn sendiri pun sampe bikin aksi memberantas Vandalismus.. jadi kalo ada orang yang berhasil memberi petunjuk tentang pelaku pengrusakan, akan dikasih hadiah sampe 500 euro...


Dan gue pun tiap saat jadi siaga dan akan selalu siap untuk memotret sang pelaku....

(mayan kan... udah dendam terbalas, dapet duit pula...)... ha..ha..ha....




Udah ah ngomel2nya....


So...

Buat orang2 di luar sana....

Kalo ngerasa dirinya punya otak, gak bego, n tau diri...

Plis dong....

Kalo pengen ngerusak...., ngerusak barang sendiri aja ye.....

No comments: