Saturday, June 03, 2006

wien oh wien....



Well... gue bukan tipe orang yang suka meninggalkan rumah n tempat tidur sendiri dalam jangka waktu yang lama....


Bukannya gue gak suka jalan2... tapi setidaknya gak kayak gini... uhuhuhu...


day 1


0515 bangun dari tempat tidur yg super pewe...

0609 berangkat dari fulda hbf

0730 nungguin svenja di ffm süd

0830 nyampe di darmstadt hbf n nunggu anak2 laen di gleis 8

0937 brangkat dari darmstadt hbf, umsteigen 2 kali di aschaffenburg n nürnberg.. berhubung bawa laptop, jadi bisa nonton di kereta... tp setelah bbrp waktu kepala gue sakit bgt.. n udah mulai batuk2 n gak bisa nelen.... uuuhh... gak enaknyaa.....

1730 nyampe di wien west bahnhof....

1830 setelah menderita di tengah jalan karna sakit maag plus sakit flu, akhirnya gue nyampe jg di hotel... sebenernya ada acara jalan2 di kota jem 7... tapi gue udah gak sanggup lagi jd gue bobo aja di hotel... bener2 deh serasa di neraka.... malah sempet demam.... kacau bgt deh... knp malah sakit sih?? Seandainya gue gak ikutan gini2an....

Moral: jangan sampe sakit kalo lagi mao jalan2....


day 2





innenstadt wien...





Pas bangun rasanya udah mendingan sakitnya... setidaknya gak kayak semalem... n rasanya udah bisa jalan2 keluar jg... *mesti berterimakasih sama lohanko, minyak kayuputih, n

aspirinnya svenja*...

Setidaknya gue gak harus extra beli tiket buat langsung pulang ke rumah...

Hari ini pertama kalinya ngeliat bener2 kota Wien.. jalan2 menelusuri Herrengasse *betenya tiap brp meter selalu berenti buat ngomentarin gedung2 ga penting di sekitar situ*

Sejem pertama gue masih berantusias ngedengerin... tapi setelah itu yang kedengeran cuman..


.... horizontal gliederung und vertikal gliederung... rustika..... pilaster.... ballustrade.....figuren..... typisch barock..... gesims....

blaaaa..... blaaaaaaaaaaaaaaa...... *kayaknya untuk bbrp bulan kedepan, gue ogah denger kata2 itu lagi...*


Oh iya...

Kesan pertama gue ttg ini kota.... hmmm ... bau tai kuda... eh serius... soalnya ada banyak “delman” yang berlalu lalang buat mengantar para turis... tau lah... kalo ada kuda, pasti ada tainya... uiih...padahal idung gue udah mampet loh... masih kecium jugaa!!

Tapi menuruta gue seh kotanya sendiri gak jaoh beda ama kota2 di jerman....



day 3






Rathaus bergaya neue gothik... (yang di atas situ bener2 bendera merah putih loh!!! gue aja ampe kaget...)





Ramalan cuaca mengatakan bahwa hari ini bakal ujan dan suhunya cuman sekitar 15 drajat... (blom ditambah angin kenceng).. Udah bikin tambah males aja... tapi untungnya rada2 meleset... *yah gak meleset2 amat sih... setidaknya baru ujan pas kita udah selese jalan2*

Hari ini gak sebete kemaren seh... setidaknya gedung yg diliat lumayan “penting” n emang harus dipelajari.. Misalnya gedung parlemen yang bergaya antik, Rathaus yang gothic, Neue Hofburg yang barock... yah gitu2 deh.... trus td pengen banget makan nasi.... jadi muter2 nyariin resto asia... tapi gak ketemu2... akhirnya ketemu jg seh... makan something yang namanya belachan.. tulisannya seh masakan malaysia... hmmm.. tapi rasanya kok gak kayak belachan yang gue kenal ya? Apa gue lagi sakit aja kali... jadi lidah gue rada2 kurang sensitif... huhuhu...


day 4


hari ini...

cuaca cerah.. malah kecerahan... gara2 itu malah jadi mimisan... huee... rasanya udah berabad2 yg lalu terakhir kali gue mimisan... herannya anak2 malah bingung ngeliat gue mimisan gara2 kebanyakan kena sinar matahari.. buat mereka itu tuh hal yg gak biasa bgt.. mana gue gak bawa topi lagee... masa pake payung?? Ntar kayak ibu2 di indo lagee... Sempet seh ngeliat ada segerombolan turis asia yang bawa2 payung... oh... memalukan sekali... tapi mungkin mendingan gitu kali ya daripada kena anemia gara2 mimisan??

hari ini...??

lagi2 ngeliat gedung yg ga penting... ok.. mgkn udah gak ngebahas barock ato historismus lagi... kali ini ngebahas jugendstil n sezession... tp tetep aja booooorrriiinnnggg..... mana kaki udah sakit bgt dibawa jalan mulu...

untungnya kita boleh “pergi” lebih cepet gara2 kita mao nonton pameran karya2nya si giger... blom pernah denger? Sama.. gue jg baru tau orangnya waktu ngeliat brosurnya....

Intinya Giger adalah seorang seniman yg... hmm... unik.... Lahir di Swiss taon 1940, kuliah arsitek dan industriedesign... papanya tuh seorang apoteker... dan suatu hari papanya ngebawa pulang tengkorak.. dan kejadian itu cukup mempengaruhi si giger ini *intinya dia jadi suka ama hal2 yg “gelap” n “misterius”* yah yg gitu2 deh (kalo penasaran apa yg gue maksud, liat aja hasil karyanya di sini!!)... Gaya lukisannya juga mengikuti jejak Salvador Dali... pokoknya rada abstrak dan banyak detailnya... rasanya bakal butuh waktu lebih dari sejem buat bener2 “menikmati” satu lukisannya dia... cukup satu kata... KEREEEEEENNN!!!!!




Oh iya... dia itu orang yang ngedesign Alien di film “Alien” loh... dan dia jg gak cuman ngelukis, tapi dia jg banyak bikin karya2 laen spt patung (ato sejenisnya lah yang 3 dimensi) dll deh...




day 5


Pagi2 udah susah bangun... rasanya badan udah retak... kaki udah putus.... mata udah gak bisa dibuka lagi..... satu2nya yg bikin gue bangun cuman ...

“hari ini udah hari terakhir”

Yah... seperti biasa... ngeliatin gedung gak penting.... saking gak pentingnya gue ampe lupa hari ini kemana aja... huehehe..... untung td banyak foto2... jadi yah bisa inget2 dikit deh...

Pagi2 ke Postsparkasse... gedungnya sih sama aja kayak yg kemaren2.. tapi gue cukup terpesona ama ruangan dalamnya... pokoknya serasa kayak di film ttg jaman 1920an...

Setelah itu kita ngeliat2 gedung2 gak penting laennya yg tipenya mirip2 begitu jg *ya iya lah... arsiteknya sama... apa yg bisa diharepin coba???*... Tapi untungnya kita hari ini dapet waktu 2 1/2 jem buat makan siang... n kebetulan nemu satu resto jepang *waktu itu gue jg udah laper berat skaligus kebelet*.. jadinya makan di situ deh... mayan murah *buat ukuran resto jepang* n enak jg... (^.^).. Tapi setelah itu sempet bingung mao ke mana... pilihannya antara balik ke hotel n bobo siang, ato ke UNO City... Karna sama2 bilang “terserah”, jadi kita memutuskan pake coin... n coin mengatakan ke Uno City...

Betenya pas kita nyampe di UNO City, cuaca langsung jelek n ujan... Lagian UNO City kayaknya gak ada apa2 gitu selaen gedung2 tinggi n modern... yah mgkn bakal bagus buat difoto... tapi apa daya... gue bukan pawang ujan.... uhuhuhu.... (tapi kali ini yg salah bukan gue ato svenja, tapi coinnya!!)... Akhirnya kita malah jadi nongkrong gak jelas di pinggir sungai Donau...

Lalu setelah itu lanjut lagi ngeliat gedung yg ga penting... yaitu Karl Max Hof... gue aja heran apa pentingnya seh ini gedung buat diliat??? *uuuh gue makin nyesel ikut ini exkursion*... Trus setelah itu jalan *nanjak pula* n ngeliat villa2 di daerah situ... dan lagi2 smuanya terliat gak penting n mirip2 aja....

Tapi akhirnya kelar jg... smua berakhir... aah akhirnya.....

Gak lagi deh gue ikut gini2an.......... tobaaaaaat....


day 6

AKHIRNYAAAAAAAAAAAAA setelah 7 jam tersiksa di kereta........

Emang tempat yang paling indah adalah kasur sendiri.................



tapi setidaknya exkursi ini memberikan gue banyak pelajaran... misalnya..



liat2 ramalan cuaca dulu kalo mao jalan2...

tapi ramalah cuaca gak slalu tepat...

cuman anak muda indonesia saja yang kalo lagi jalan2 n ngumpul2 selalu bawa gitar...

waktu seminggu untuk jalan2 di wien terlalu lama...

harus slalu siap bawa 2 jaket (tipis n tebel) n bawa syal... serta jangan pake sandal jepit...

laen kali kalo ke wien naek pesawat terbang aja...



begitulah nasib gue seminggu kemaren...

No comments: