Sunday, June 25, 2006

Zzzzzzzzz....

Apakah anda punya masalah sama yang namanya tidur?




misalnya selalu merasa kurang tidur?
atau..
di luar sudah terang, tapi anda masih belum tidur juga?

biasanya penyebabnya adalah sebagai berikut....

1. Anda stress dan banyak pikiran atau terlalu gak sabar menunggu hari besok
2. Anda baru minum kopi
3. Ada deadline mendekat dan terpaksa bergadang untuk menyelesaikannya
4. Anda (yang berada di indonesia) lagi demam piala dunia
5. Tidur siang (atau sore) yang kelamaan
6. Kebiasaan atau siklus tidur yang salah
7. Kerja di malam hari (misalnya editor surat kabar, hansip, dll)
8. Alasan lain yang gak kesebut di atas

Biasanya sih yang paling sering gue alamin tuh alasan nomer 1, 3, 5, dan 6


Pertama kali dalam hidup gue mengalami susah tidur disebabkan oleh alasan nomer 1. Terlalu exited menunggu hari besok. Biasanya kalo lagi mao pergi jalan2.. entah bareng keluarga ke tempat yang jauh atau jalan2 sama sekolahan (yang biasanya malem sebelumnya udah ke supermarket dulu buat blanja bekal n cemilan2). Kalaupun akhirnya bisa tidur, pasti mimpi yang jelek2. Misalnya mimpi bangun kesiangan n ditinggal pergi.

Hal yang sama juga terjadi kalo gue lagi stress sama ujian atau ulangan. Mimpinya juga gitu.. entah ceritanya gue dateng telat ke skolah, atau ulangannya nggak bisa.. pokoknya jelek2 deh..

Alasan nomer 3 mulai sering terjadi pas gue SMA. Dimana sistem belajar gue yang.. ehm.. SKS alias Sistem Kebut Semalam..
Jadi bawaannya tidur malem mlulu buat belajar (apalagi saat2 di kls 3.. huhuhu)
Sialnya kebiasaan gue ini kebawa ampe sekarang : ngerjain tugas kalo udah mepet2 n gak nyicil jauh2 hari..
Kadang karna kebiasaan ini juga, gue jadi susah "konsentrasi" kalo di luar masih siang (baca: terang) dan baru bisa belajar atau ngerjain tugas kalo di luar udah gelap.
Kalau di indo sih gak papa.. soalnya tiap hari sepanjang tahun jem 6 sore udah gelap.. kalo di negara 4 musim gini sih.. kalo musim panas bisa2 jem 10 baru gelap..
Jadi, tau lah alasannya kenapa makin lama kebiasaan bergadang gue semakin menggila..


Biasanya, kalau yang nomer 3 udah terjadi, akan merembet ke nomer 5 dan 6.
Mungkin karna di otak gue udah tertanam dari dulu bahwa gue harus tidur 8 jam sehari (kadang2 itu pun masih kurang.. hehe..)
Dan karna itu lah, gue selalu "membayar" kekurangan waktu tidur gue dengan tidur siang, atau tidur seharian di hari libur.
Kalau itu terjadi, yang ada malah siklus tidur gue jadi berantakan..

Ada yang bilang kalau tidur yang baik tuh tidur yang teratur.. Kadang kalau tidur gak teratur (kayak yg gue alamin sekarang ini.. huhuhu), mao tidur 12 jam sehari pun pasti gak akan cukup..
Misalnya orang yang tiap hari bangun jam 6 pagi dan memang udah terbiasa oleh siklus itu, walaupun dia baru mulai tidur jam 4 pagi, tetap saja jam 6 bisa bangun.. walaupun malam berikutnya pasti dia bakal ngantuk lebih cepat..


Yah begitulah teorinya...


Tapi tetep aja.. kalo udah kebiasaan mendarah daging begini, mao memperbaiki kebiasaan tidur pasti gak akan gampang kan?

Buktinya tadi pagi gue bertekad tidur lebih cepat dan bangun pagi, sekarang tiba2 udah jam tiga pagi lagi... (untung hari sabtu)



oh well.. maybe next time...

2 comments:

- F - said...

heehhehe insomnia kayanya skrg ud jadi lifestyle...apakah ada cara gampank untuk menyembuhkan insomniaaa? i wishh...

vy said...

parahnya lagi, kalo gak bisa tidur kita malah duduk di depan computer... tambah telat lagi deh tidurnya... ^^