Friday, June 02, 2006

memento




















Ehmmm... ngebahas film lama boleh kan?? ... gak lama2 banget sih.... paling... ehm... 6 taon yg lalu..... gak lama kan? moga-moga gak basi-basi amat.... tapi gue sendiri nonton ini film sekitar setaon - 2 taon yang lalu kok... dan kayaknya gak banyak orang yang tau... soalnya gue sendiri gak berasa kalo film ini diputer di bioskop.. (apa karena gak keluar di 21 aja ya?)... gue pun taonya dari imdb (berhubung waktu itu lg bosen n nyari film2 thriller yg ratingnya di atas 8,5...n gak sengaja nemu film unik yg satu ini..)

...

Natalie: What's the last thing that you do remember?
Leonard Shelby: My wife...
Natalie: That's sweet.
Leonard Shelby: ...dying.

...


Memento

Film yang dibintangi oleh Guy Pierce dan disutradarai oleh Christopher Nolan ini bercerita tentang seseorang yg menderita short-term memory loss (apa tuh bahasa indonesianya???). Hal yang terakhir diingatnya hanyalah kejadian dimana istrinya dibunuh depan matanya sendiri. Dan karena itu dia berusaha setengah mati untuk mencari pembunuh istrinya. Berhubung dia gak bisa ingat tentang kejadian2 yg dia alami setelah insiden itu, dia selalu mencatat, menato (men-tattoo???) badannya dan membuat foto-foto polaroid supaya dia tak kehilangan arah.

Yang membuat film ini unik adalah cara "penyajian"nya... Alurnya yang mundur membuat penonton merasa seperti membaca novel dari bab terakhir ke bab pertama... dan kerennya, jawaban yang dicari2 sepanjang cerita itu justru ada di bab pertama...


I don't even know how long she's been gone. It's like I've woken up in bed and she's not here... because she's gone to the bathroom or something. But somehow, I know she's never gonna come back to bed. If I could just... reach over and touch... her side of the bed, I would know that it was cold, but I can't. I know I can't have her back... but I don't want to wake up in the morning, thinking she's still here. I lie here not knowing... how long I've been alone. So how... how can I heal? How am I supposed to heal if I can't... feel the time?

No comments: